Tahura Djuanda Community Center (TCC)

Balai Pengelolaan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda akan membangun Tahura Djuanda Community Center (TCC) bekerjasama dengan Yayasan Akademi Luar Ruang (Outdoor Academy) tahun ini. Pusat pemberdayaan masyarakat itu rencananya akan menghabiskan dana sebesar Rp 2,5 miliar yang bersumber dari yayasan tanpa sentuhan dari APBD. .
.
“Saat ini sedang proses penyusunan UKL,UPL, IMB juga. Kami targetkan Oktober dan November tahun ini pembangunan bisa dimulai sehingga pada triwulan pertama 2020 bisa digunakan.” Kata Kepala Balai Pengelolaan Tahura Djuanda Lian Lubis, di Bandung Jumat (26/7/2019).
Menurut dia, TCC akan menjadi pusat pemberdayaan dan kegiatan masyarakat seperti pelatihan, seminar, hubungan pemerintah dengan masyarakat untuk pembelajaran literasi, promosi, dan juga pengembangan start up. .
.
“Bersyukur ada pihak seperti ini. Saya cari orang- orang untuk terlibat di Tahura bukan karena profit tetapi untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pengembangan ekowisata yang benar.” Ujarnya. .
.
Lian menuturkan TCC terletak di depan parkiran pintu gerbang utama atau gerbang Mashudi dengan luas lahan sekitar 300 meter persegi untuk dua lantai. “Konsep bangunannya pasti ramah lingkungan seperti panggung- panggung diasistensi sama Pak Gubernur. Desain diketahui gubernur, kami sama- sama perancang kota, berdiskusi. Gubernur tahu dan merestui konsep ini.” Katanya.
Sementara itu, Direktur Operasional Yayaysan Luar Ruang Hilman ALR menuturkan, Outdoor Academy adalah adalah Yayasan yang didirikan Resimen Mahawarman. Kegiatannya menindaklanjuti penelitian dan riset tentang Tahura Djuanda yang didalamnya ada beberapa kegiatan yang perlu dikembangkan di Tahura seperti membuat Master Plan mengayakan konten Tahura dari database pepohonan serta landscape Tahura saat ini. “ Kami usulkan kepada gubernur untuk membangun community center agar antarkomunitas bisa berinteraksi sosial dan Tahura ini agar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.” ujarnya

Sumber: Pikiran Rakyat, 27 Juli 2019