Situs e-tanam & Bibit Gratis

9 Demember 2019. Forum Mitra Konservasi Tahura Djuanda berpartisipasi dalam pencanangan  Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai 2019 di Desa Cimenyan Kabupaten Bandung dan turut menyaksikan peresmian portal basis data program penanaman pohon dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

e-tanam.id

e-tanam.id merupakan portal pendataan penanaman pohon, anggota masyarakat bis mendaftarkan diri baik secara perseorangan maupun mewakili organisasi (badan hukum). Situs ini mendata berapa jumlah pohon yang ditanam, jenis yang ditanam, dan lokasi penanaman (koordinat GPS) dilengkapi dengan foto. Dengan mengisikan data maka kita disajikan informasi berapa kontribusi pengurangan CO2 yang telah kita lakukan dan juga kontribusi kumulatif kota yang bersangkutan.

tahurabandung.com berkesempatan mencoba situs ini dan berhasil mendatakan pohon pertama dengan cukup mudah. Berikut cara berpartisipasi :

  1. Buka situs e-tanam.id menggunakan browser.
  2. Lakukan login, jika belum memiliki login akan diarahkan ke halaman pendaftaran.
  3. Data yang perlu disiapkan adalah NIK untuk perseorangan dan No. Pengesahan untuk Badan Hukum
  4. Setelah login maka kita dapat melakukan entry data dengan cukup mudah melalui menu tersedia.

Secara umum situs ini merupakan dasar yang baik, memiliki potensi pengembangan yang lebih luas. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membantu dengan mnyebarluaskan informsi mengenai applikasi ini dan tenntunya menjaga bersama validitas datanya.

POSITIF
  1. Mudah digunakan, user friendly
  2. Desain tampilan menarik secara visual
  3. Memberikan data kumulatif yang menarik untuk bahan diskusi / edukasi
DAPAT DITINGKATKAN
  1. Situs masih menggunaan protokol http perlu dipertimbangkan peningkatan ke https mengingat ada data NIK yang dikirimkan oleh pengguna.
  2. Fitur moderasi ? algoritma AI perlu dipertimbangkan untuk dapat memverifikasi data dan menghindari data sampah.
  3. Perlu ditambahkan mekanisme fetch data lokasi otomatis untuk mempermudah user dalam mengisi data.
  4. Pengembangan ke bentuk applikasi android / ios untuk potensi pengembangan yang lebih luas.
  5. Mekanisme pemantauan progress tanaman dapat dimasukkan untuk memverifikasi bahwa pohon benar ditanam, dan tumbuh dengan baik.
  6. Dapat dipertimbangkan untuk menambah fitur reward badge juga event  “kompetisi” untuk memotivasi.
  7. Kecepatan sistem dalam entry data perlu ditingkatkan untuk menghindari entry data ganda dan tentunya meningkatkan kepuasan pengguna situs.
  8. Menu tambahan masih bisa ditingkatkan seperti profil pengguna, panduan, dan, berita.

Bibit Gratis ! 100% GRATIS

Pemerintah sangat serius dalam menyukseskan program penanaman 1 miliar pohon salah satunya dengan menyediakan bibit gratis bagi warga dengan benyediakan balai penyedia bibit di berbagai wilayah. Warga bisa mendapatkan maksimal  25 bibit gratis perorang dengan komposisi 5 pohon buah dan 20 pohon kayu dengan mengajukan permohonan dan menunjukkan KTP.

Untuk warga Jawa barat, bibit gratis bisa didapatkan di :

Untuk informsi dapat dikuti salah satunya melalui facebook : Pesemaian Permanen Dramaga

http://npurealoevera.wordpress.com http://npurecactus.wordpress.com , ttps://pelembabalamihalal.wordpress.com http://grammostolarosea.wordpress.com, https://jualslinganakantarantulapemula.wordpress.com, https://jualtarantulapemula.wordpress.com https://tokotarantula.wordpress.com , https://grosirtarantula.home.blog https://tarantula.siterubix.com, http://tarantulaindonesia.com, http://mthi.web.id, http://kinergi.co.id