Curug Lalay

Anda tahu apakah itu Lalay? Orang Sunda pasti sudah faham dengan arti Lalay. Lalay merupakan binatang kecil yang sering membuat jijik dan kebiasaan hidupnya di malam hari. Lalay itu Kelelawar. Jadi, Curug Lalay ialah Air Terjun Kelelawar. Mengapa dinamakan Curug Lalay ? Karena ternyata di sekitar curug ini banyak sekali terdapat Lalay atau Kelelawar itu.

Bagaimana dengan keadaan alamnya? Jangan tanya, soalnya Curug Lalay biisa dikatakan masih memiliki keasrian dan kealamian yang tinggi. Kesejukannya pun dijamin karena Curug Lalai berada di ketinggian 1.800 meter diatas permukaan laut (dpl). Curug Lalay ini merupakan curug terakhir dari sebuah aliran sungai, karena ternyata di lokasi tersebut banyak terdapat curug lain yang lokasinya berada di atas Curug Lalay.

Curug-curug lainnya yang berada di atas Curug Lalai yakni Curug Tilu, Curug Layung, Curug Cimahi, Curug Brugbug, dan terakhir Curug Lalay. Curug ini bisa dikatakan berdiam di tempat yang agak unik karena merupakan suatu tempat objek wisata air terjun yang ada di Walungan Cimahi, dimana termasuk pula dalam objek wisata alam Taman Hutan Raya Juanda yang. Didalamnya juga terdapat dua curug lain yakni Curug Dago dan Curug Omas.

Curug Lalay ini merupakan sumber mata air panas kelima dari Lereng Gunung Tangkuban Perahu Bandung. Sebagai daerah tujuan wisata, Curug Lalay cukup ramai dikunjungi oleh para pengunjungngnya baik yang datang dari sekitar Bandung maupun dari luar Bandung.