Forum Mitra Tahura Djuanda Berpartisipasi Dalam Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai 2019

9 Desember 2019. Hari ini Forum Mitra Konservasi Tahura Djuanda berpartisipasi dalam pencanangan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai yang bertempat di Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Barat. Dalam kegiatan yang merupakan ‘pemanasan’ dari agenda besar pemulihan DAS di tahun 2020 ini ditanam 13.000 pohon dengan sistem agroforestry dimana pohon ditanam secara tumpang sari dengan komoditas pertanian warga.

Sesuai dengan permintaan dari warga, pohon yang ditanam berasal dari beberapa jenis kayu dan buah dantaranya kayu manis, jeruk lemon, jambu batu, kacang macadamia, dan damar. Dengan cara ini diharapkan warga dapat membantu pemeliharaan pohon – pohon tersebut sekaligus memberikan potensi pendapatan tambahan bagi masyarakat.

Seberapa Penting Penanaman Pohon Ini ?

Tentunya kita tahu jawabannya adalah : sangat penting. Mari kita elaborasi agar kita sama – sama menyadari pentingnya. Pertama mari kita lihat posisi Kawasan Bandung Utara tepatnya di lokasi penanaman.

Dari lokasi kita dapat melihat langsung Kota Bandung, pada malam hari tentunya akan sangat indah dengan gemerlap lampunya. Dengan pemandangan seperti ini tentunya banyak yang menginginkan memiliki tempat tinggal di area ini, dan sudah banyak yang telah mewujudkannya hal ini terlihat saat kita menuju lokasi kita akan melewati pemukiman padat penduduk.

Kawasan Bandung Utara (KBU) juga dikenal sebagai produsesn komunitas sayur mayur yang penting, hampir seluruh area terbuka merupakan lahan produktif yang digunakan warga menanam berbagai jenis sayur mayur untuk kebutuhan warga Kota Bandung.

Lahan ini ditanami kacang tanah dan jagung secara tumpang sari, sementara di bagian timur terdapat komoditas daun bawang juga kembang kol. Kondisi lahan umumnya seragam seperti lahan diatas, satu lahan ditanami penuh tanaman komoditas.

KBU indah dimalam hari dan menyediakan kebutuhan vital bagi Kota Bandung. Mengapa perlu gerakan penanaman pohon ? Apa urgensinya ? Saat kita melintas di kawasan ini maka kita dapat melihat banyak sekali lahan pertanian yang tanpa adanya pohon sedikitpun. Urgensinya adalah saat hujan tidak ada perakaran pohon yang dapat menahan air. Pada 20 Maret 2018 kita diingatkan oleh alam mengenai hal ini.

Untuk itulah mengapa gerakan penanaman ini penting dan sangat penting untuk didukung oleh semua pihak. Karena kita memerlukan keseimbangan agar hidup dan kehidupan dapat terus lestari. Petani dapat terus memproduksi sayur berkualitas tinggi, warga dapat terus bermukim dengan rasa aman, dan kita semua memiliki persediaan air yang cukup, oksigen yang terjaga, dan paru – paru kota penyerap CO2 yang sehat.

Untuk itulah diterapkan konsep agro-forestry yang secara sengaja memadukan pohon kayu dan tanaman komoditas dalam lahan yang sama, sebuah metode untuk meningkatkan keuntungan, baik secara ekonomis maupun lingkungan. Pada sistem ini, terciptalah keanekaragaman tanaman dalam suatu luasan lahan sehingga akan mengurangi resiko kegagalan dan melindungi tanah dari erosi serta mengurangi kebutuhan pupuk atau zat hara dari luar kebun karena adanya daur-ulang sisa tanaman.

13 ribu bibit pohon yang ditanam merupakan bagian dari upaya besar membangun skema pertanian yang lebih tahan terhadap perubahan iklim dan memberi dampak postifif jangka panjang.

Forum Mitra Konservasi Tahura Djuanda yang diwakili oleh Ketua Forum Mitra, dr. Eri Surachman beserta Komunitas SPD Tahura Djuanda, D’Pakar, Hollad Spot, Landas Bina Tahura, dan Koperasi Rimbawan Sejahtera Bersama mendukung penuh dan siap bersinergi dalam membangun hidup dan kehidupan yang lestari.

http://npurealoevera.wordpress.com http://npurecactus.wordpress.com , ttps://pelembabalamihalal.wordpress.com http://grammostolarosea.wordpress.com, https://jualslinganakantarantulapemula.wordpress.com, https://jualtarantulapemula.wordpress.com https://tokotarantula.wordpress.com , https://grosirtarantula.home.blog https://tarantula.siterubix.com, http://tarantulaindonesia.com, http://mthi.web.id, http://kinergi.co.id